Senin, Juli 27, 2020

4 Macam Resiko Ketika Berinvestasi Yang Perlu Dipahami

Sebelum berinvestasi kamu harus memahami bahwa investasi sifatnya high risk, high return. Sehingga, tidak selamanya kamu akan meraih untung karena berinvestasi. Lalu, apa sih risiko yang harus kamu pahami saat berinvestasi? Yuk baca dulu artikel berikut ini.
4 Macam Resiko Ketika Berinvestasi Yang Perlu Dipahami
1. Risiko suku bunga

Risiko ini bisa mempengaruhi harga saham kamu dan obligasi secara terbalik. Mengutip Finansialku, jika suku bunga naik maka saham dan obligasi bakal naik. Namun sebaliknya, jika suku bunga turun maka harga obligasi akan turun.

2. Risiko pasar

Fluktuasi pasar akan mempengaruhi return suatu investasi. Bahkan bisa membuat investor mengalami capital lost atau kerugian. Perubahan pasar ini disebabkan oleh banyak faktor, misal munculnya resesi ekonomi, kerusuhan, issue, spekulasi, mau pun perubahan politik.

3. Risiko inflasi

Adanya perubahan inflasi membuat mata uang rupiah berubah dan akan mempengaruhi daya beli masyarakat. Hal ini berpotensi membuat arus kas dari investasi tidak akan bernilai sebanyak di masa depan karena adanya perubahan daya beli tersebut.

4. Risiko likuiditas

Risiko ini terjadi akibat kesulitan menyediakan uang tunai dalam jangka waktu tertentu. Risiko jenis ini memiliki kaitan dengan kecepatan dari surat berharga atau kecepatan sekuritas yang diterbitkan oleh pihak perusahaan yang bisa diperdagangkan di pasar sekunder, semakin cepat sekuritas diperdagangkan maka semakin likuid atau cair pula sekuritas tersebut.