Rabu, Juli 22, 2020

5 Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Sepeda

Sekarang banyak sekali kita lihat orang-orang bersepeda di jalan-jalan. Semenjak pandemik COVID-19 berlangsung, olahraga sepeda kian digemari. Apakah kamu salah satu orang yang tertarik untuk bersepeda? Tapi belum punya sepeda dan ingin mendapatkan sepeda yang tepat? Nah, kalau begitu simak panduan membeli sepeda untuk pemula lewat 5 tips ini. Let's go!
5 Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Sepeda
 1. Pertimbangkan medan yang akan dilalui

Setiap jenis sepeda didesain untuk medan tertentu. Jadi, tips pertama sebelum membeli sepeda adalah dengan menentukan medan dan rute-rute yang nanti akan kamu lalui. Apakah nantinya jalanan yang kamu lalui naik turun? Apakah kamu perlu sepeda untuk transportasi? Apakah kamu ingin bersepeda ke gunung-gunung dan melewati jalanan terjal? Dengan pertimbangan ini, nantinya kamu dapat memilih sepeda yang sesuai, tidak akan merasa rugi, dan merasakan pengalaman bersepeda jadi lebih menyenangkan.

2. Tentukan jenis sepeda

Dari banyaknya jenis sepeda yang ada, sebenarnya ada tiga jenis yang umum. Pertama, sepeda gunung atau yang dikenal sebagai mountain bike (MTB). Sepeda gunung memiliki suspensi yang empuk sehingga cocok untuk medan yang berat dan terjal. Kedua, sepeda balap. Bentuknya dirancang dengan standar aerodinamika, terlihat dari setangnya yang melengkung, dan tidak berat. Sepeda balap digunakan di jalanan yang halus.

Ketiga, sepeda lipat. Sepeda ini diperuntukkan bagi mereka yang suka kepraktisan, plus hemat tempat. Biasanya dapat ditemui di kereta maupun bus. Sepeda ini cocok buat kamu yang punya mobilitas tinggi dan juga dapat digunakan di berbagai medan.

3. Ukuran dan spesifikasi sepeda

Ketika memilih ukuran dan spesifikasi yang tepat, pengalaman bersepeda kita akan semakin nyaman dan menghindarkan kita dari cedera. Apa saja yang perlu dipastikan? Ukuran sepeda. Pastikan kamu memilih sepeda yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Sesuaikan dengan kenyamanan tungganganmu.

Kemudian untuk spesifikasi, pastikan tinggi rendah dan empuk tidaknya sadel sepeda. Lalu, tinggi rendahnya setang dan seberapa jauh jangkauan dudukmu dengan setang. Yang jelas, untuk spesifikasi ini bisa disetel dan disesuaikan dengan keinginanmu.

4. Tempat membeli sepeda

Setelah mengikut tips di atas, maka pilihan jenis sepeda kita akan semakin spesifik. Sekarang saatnya pilih toko sepeda yang tepat. Pertimbangannya, jika kamu berniat melakukan olahraga sepeda secara rutin dan profesional, kamu bisa membeli sepeda di toko spesialis sepeda.

Hal ini supaya kamu dapat bertanya-tanya dan memiliki pengetahuan dasar tentang sepeda yang nantinya akan kamu jalani selama bersepeda rutin. Kalau kamu ingin bersepeda sesukamu saja, maka pilihlah toko olahraga atau toko retail online yang sudah dikenal dan memiliki banyak testimonial baik. Tapi tidak menutup kemungkinan kamu juga bisa membeli sepeda langsung di toko spesialisnya.

5. Sesuaikan dengan dana yang dimiliki

Pertimbangan dana harus masuk dalam prioritas utama sebelum membeli sepeda. Penting untuk mengetahui seberapa banyak uang yang akan kamu habiskan untuk sepeda. Sepeda dengan kualitas yang baik di pasaran dibanderol dengan harga mulai dari Rp1,5 juta ke atas. Jangan terburu-buru membeli karena sebenarnya kita punya banyak sekali pilihan di pasaran. Yang perlu diingat, dana yang kamu keluarkan untuk sepeda ini jangan sampai tidak terkontrol dan mengganggu pengeluaran kebutuhan lainnya, ya