Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tindakan Medis Mengatasi Gigi Tiba-tiba Ngilu Setelah Memasang Behel ala SehatQ.com

behel gigi
Tindakan medis saat ini semakin dibutuhkan karena beberapa hal salah satunya yaitu terjadinya ngilu sebagai tanda gigi mulai tertata. Inilah mengapa Anda tidak boleh panik, jika tidak tahan maka minumlah obat penghilang nyeri yang disarankan oleh dokter. Namun tetap usahakan tidak menggunakan informasi sembarangan.

Tindakan Medis untuk Mengatasi Gigi Tiba-tiba Ngilu Setelah Memasang Behel

Saat ini behel sudah menjadi trend fashion sehingga perlu mengerti terkait cara penanganannya serta pembersihannya secara cepat dan tepat. Fungsinya agar tidak merusak bagian rongga mulut baik kawat ataupun gigi Anda. Berikut ini akan diulas beberapa diantaranya:

1.   Berkumur dengan Air Garam

Selain digunakan untuk bumbu masakan garam sendiri dalam dunia medis juga berperan penting. menurut British Dental Journal, berkumur menggunakan air garam hangat dapat mencegah pergerakan sel-sel yang menghambat proses penyembuhan luka, sehingga akan sembuh lebih cepat.

Saat menggunakan behel sendiri tidak menutup kemungkinan akan membuat bagian bibir menjadi terluka, karena tergores kawat behel. Fungsi penggunaan air garam sendiri yaitu untuk mempercepat proses penyembuhan luka atau iritasi, selain itu juga berkhasiat untuk meminimalisir rasa ngilu.

2.   Mengurangi Makan atau Minum Asam

Sebagian orang menyukai makanan atau minuman yang bersifat asam, namun produk tersebut tidak dapat dikonsumsi jika menggunakan behel . Hal ini dikarenakan jenis tersebut dapat membuat iritasi ,mendorong perkembangan bakteri lebih cepat, menurunkan enamel tinggi.

Mengkonsumsi makanan atau minuman asam memperbesar kemungkinan terjadinya iritasi. Jika Anda memiliki luka pada area rongga mulut penting untuk menghindarinya. Jika hal tersebut dilanggar maka behel Anda bisa rusak,  tidak dapat digunakan lagi, dan masih banyak lainnya.

3.   Konsumsi Makanan Lunak

Bagi Anda pengguna baru kawat gigi penting untuk memperhatikan berbagai hal yang terkait didalamnya, misalnya dengan mengkonsumsi makanan lunak. Tujuannya Saat awal pemasangan kawat gigi biasanya masih sangat rapuh dan bisa saja copot sewaktu-waktu.

Contohnya yaitu dengan memakan bubur, karena teksturnya lembut dan berbentuk liquid, tindakan medis bertujuan adalah saat melakukan kegiatan mengunyah kinerja gigi tidak terlalu berat. Alasannya yaitu dapat mengakibatkan terjadinya rasa sakit dan ngilu.

4.   Hindari Makanan yang Dapat Menempel pada Behel

Makanan saat ini sangat banyak jenisnya sehingga perlu disesuaikan dengan keadaan rongga mulut. Coklat merupakan salah satu kuliner yang banyak beredar di pasaran dan disukai masyarakat terutama anak-anak dan remaja, namun menjadi pantangan jika Anda pasang behel gigi.

Makanan tersebut bisa merusak kualitas dari kawat, sehingga mudah lepas atau harus menggantinya lebih cepat dari umumnya. Meskipun terlihat enak namun coklat memiliki banyak dampak negatif terutama untuk Anda yang sedang menggunakan behel, sebenarnya jenisnya bukan hanya untuk membeli hiasan semat.

5.   Maksimal Pembersihan Gigi menggunakan Benang Khusus

Saat membersihkan gigi untuk orang yang memasang behel tentu sedikit berbeda dari umumnya. American Association of Orthodontists (AAO) merekomendasikan untuk menggunakan benang gigi agar hasilnya lebih maksimal, karena biasanya sisa makanan akan terselip baik di behel atau gigi.

Selain itu terdapat juga kuas interproksimal atau interdental, bentuknya sendiri yaitu bulat dan memiliki bulu di sekitarnya yang dapat membersihkan sampa bawah backlite. Hal ini memperkecil kemungkinan adanya kotoran tertinggal, sehingga kebersihan bisa tetap terjaga.

Tindakan medis untuk merawat behel sangat dibutuhkan untuk meminimalisir terjadinya kegagalan dalam prosesnya. Ada beberapa makanan yang harus dihindari karena bisa berakibat fatal, misalnya coklat, dan  masih banyak lainnya.